Sunday, September 23, 2012

Cara Pasang Guestbook dari Shoutcamp


Cara PasangGuestbook dari Shoutcamp – Memasang widget buku tamu atau guestbook di blog sepertinyasudah jadi hal yang wajib. Semenjak Shoutmixmenjadi layanan berbayar diawal 2012 lalu, banyak blogger yang bingungmengganti widget melayang di blognyadengan guestbook yang free. Nah selain bisa memakai layanan dari Cbox seperti blog saya ini, sobatblogger juga bisa membuat bukutamu/guestbook dengan menggunakan layanan dari Shoutcamp. Mau tahu gimana cara mendaftar di Shoutcamp ? Simak aja penjelasansaya dibawah ini ya..!! Dan kalau mau liat seperti apa tampilan widgetguestbook Shoutcamp ini, sobat dapat melihatnya di blognya Mas Khusaini http://penowo.blogspot.com/.

1.  Registrasi dulu disini apabila anda belum terdaftar sebagai memberatau langsung Login apabila sudahterdaftar sebagai member ShoutCamp.


2.      Setelah login, lakukan Create New Shoutbox, yang akan anda masukkan ke blog.


3.       Isikantitle shoutbox dan URL blog Anda. Klik NEXTuntuk melanjutkan.


4.      Silakan masukkan avatar Anda.


5.      Upload gambar/foto dari computer Anda.


6.      Crop gambar Anda menyesuaikan dengan ukuranavatar shoutcamp.


7.      Klik Installuntuk mendapatkan kode HTML shoutcamp.


8.      Setelah mendapatkan kode HTML, copy dan paste keblog Anda.



Selanjutnya, silakan login ke account blogger Anda danmenuju ke blog untuk memasukkan kode HTML Shoutcamp. Langkah-langkahselanjutnya adalah sebagai berikut :
1.      Login ke dashboard blogger anda.
2.      Pilih Rancangan > Elemen Laman > Add gadget(HTML/JavaScript).


3.    Copy script kode HTML Shoutcamp dan paste langsung padagadget jika anda ingin meletakkan widget guestbook pada sidebar.


4.  Jika anda ingin menjadikan widget guestbook inimenjadi widget melayang/floating, maka copy saja script widget dibawah ini danganti tulisan LETAKKAN KODE GUESTBOOK/SHOUTMIX/CBOX/SHOUTCAMP ANDA DISINI  dengan kode HTMLShoutcamp anda.

 





Guestbook


LETAKKAN KODE GUESTBOOK/SHOUTMIX/CBOX/SHOUTCAMP ANDA DISINI











5.      Save / Simpan gadget anda dan lihatlah hasilnya.

Oke sobat blogger, itu tadi sedikit tutorial caramemasang guestbook di blogspot yang bisa saya share untuk anda. Semoga denganpenambahan widget ini memudahkan pengunjung blog anda untuk meninggalkan pesanatau komentar di blog anda.

No comments:

Post a Comment